Cara Menghemat Kuota Internet pada Android

Cara Menghemat Kuota Internet pada Android – Pada kesempatan ini admin teknologibagus.com akan berbagi informasi mengenai Cara Menghemat Kuota Internet pada Android. Seiring makin banyaknya komunikasi yang dilakukan menggunakan ponsel android, kebutuhan paket data atau kuota internet pun semakin besar. Tapi perhatikan, jangan sampai kebutuhan tersebut justru membuat Anda jadi boros.

Sekarang ini banyak sekali provider yang menawarkan paket internet terbaik dengan harga yang relatif murah baik paket internet unlimited ataupun kuota. Keduanya sama-sama punya batas wajar pemakaian.Cara Menghemat Kuota Internet pada Android

Bedanya hanyalah pada paket unlimited, Anda tetap bisa mengakses internet meski kecepatannya jadi sangat lambat. Sedangkan pada paket kuota, koneksi internet bisa langsung putus dan jika di teruskan maka pulsa utama bisa terpakai juga.

Jika Anda memutuskan untuk membeli paket internet dengan harga murah,jangan lupa siapkan obat sakit kepala karena Anda akan di pusingkan dengan jaringan yang super lemot bin lelet.

Oleh karena itu, apapun paket yang digunakan Anda tetap harus menghemat agar koneksi ke internet tetap lancar dan tidak menguras isi dompet. Alternatif yang paling utama dalam hal ini adalah tentu saja mencari atau menghubungkan ponsel ke WiFi setiap kali saat berada di tempat yang menyediakan WiFi gratis.

Jadi bagaimana jika ada solusi yang bisa menghemat penggunaan paket internet Anda yang bisa dilakukan hanya dalam waktu kurang dari satu menit? Ini lebih mudah dari yang Anda kira. Cukup ikuti enam langkah berikut untuk menghemat paket internet Anda.

Catatan: Penggunaan Data internet setiap individu akan bervariasi, tetapi saya sudah melakukan enam langkah berikut untuk memotong penggunaan paket internet saya, dan itu berhasil.

Jadi Anda Jangan ragu untuk melakukan tips berikut ini.

6 Cara Menghemat Kuota Internet pada Android

1. Gunakan Browser Yang Ringan

Jika Anda ingin browsing alangkah baiknya Anda memilih aplikasi untuk browsing yang ringan seperti opera mini/ UC Browser.

Browser tersebut merupakan aplikasi browser yang ringan, user friendly dan memiliki kompatibilitas dengan berbagai macam mobile operating system.

Browser tersebut tidak langsung menanggapi permintaan dalam aplikasi. Setiap permintaan akan dilewatkan melalui server terlebih dahulu untuk dikompres agar ukuran file menjadi lebih kecil. Setelah itu baru dikirimkan ke perangkat selular.

Metode kompress merupakan sebuah cara untuk mempercepat pengiriman data dan tentunya akan menghemat paket internet yang Anda pakai.

Dari pemakaian data internet jauh sekali bedanya jika di bandingkan dengan browser lain seperti chrome,firefox dan browser default bawaan android.

2. Minimalkan Penggunaan Aplikasi Jejaring Sosial

Aplikasi jejaring sosial seperti facebook, twitter, path, instagram cukup terkenal di kalangan pecinta Android.  Tetapi masalahnya aplikasi tersebut adalah salah satu kontributor terburuk tidak hanya untuk konsumsi data internet, tetapi juga untuk pemakaian RAM dan pengurasan baterai.

Hal itu dapat mengurangi kinerja ponsel android Anda dan boros paket data internet . Jadi mengapa tidak menggantinya dengan sesuatu yang dapat menghemat pemakaian paket internet Anda?

Bayangkan saat Anda membuka aplikasi instagram, ponsel Anda akan me-load puluhan bahkan ratusan foto dan video, itu akan menguras paket data internet Anda.

Tak terkecuali juga facebook. Ada banyak alternatif aplikasi Facebook tetapi aplikasi tersebut tidak jauh beda seperti versi resmi yang bisa menguras pemakaian data Anda. Bahkan Facebook Lite, yang mengklaim bisa mengurangi konsumsi data 50 persen, masih memakan ratusan MB data dalam satu bulan.

Jadi mengapa tidak mencoba facebook lewat browser yang ringan? itu tidak hanya bisa menghemat pemakaian data Anda tetapi juga akan mempercepat kinerja ponsel Anda.

3. Batasi Data Latar Belakang

Cara termudah untuk menghemat data internet adalah membatasi data latar belakang.Data latar belakang meskipun tidak kita pakai bisa memakan beberapa KB dari paket internet kita seperti email sinkronisasi, feed update, widget cuaca dan banyak lagi.

Anda bisa setting sistem Android untuk membatasi data latar belakang di Settings > penggunaan data > Membatasi data latar belakang atau untuk aplikasi individu dalam Pengaturan > Apps (tergantung pada versi Android yang Anda miliki).

Anda juga dapat mengubah pengaturan sinkronisasi untuk layanan Google di Settings> Account> Google> pilih account dan kemudian periksa layanan yang tidak ingin Anda sinkronisasi otomatis.

4. Nonaktifkan Auto-Update Aplikasi

Nonaktifkan Auto-Update AplikasiSaluran lain Yang memakan data internet Anda berasal dari Update aplikasi google secara otomatis. Jika Play Store Anda di set ke auto-update aplikasi, ini bisa memakan data internet setiap bulan tanpa Anda sadari.

Untuk memeriksa, masuk ke Play Store Tekan Settings dan di atas Anda akan melihat Auto-Update Apps. Tekan dan pastikan diatur ke ” Jangan perbarui aplikasi secara otomatis ” atau hanya melalui Wi-Fi.

Dengan begini Anda sudah menghemat beberapa persen dari pemakaian paket data Anda.

Baca :

5Pintar Menonton Video Online

Menonton video di YouTube ketika sedang di perjalanan memang menyenangkan, tapi jangan kaget jika ini membuat kuota data internet Anda cepat habis. Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar.

Jika ingin menghemat kuota data Anda, sebaiknya hindari menonton streaming video menggunakan koneksi seluler. Anda bisa menonton streaming atau mengunduh video yang diinginkan ketika terhubung ke WiFi gratis.

Jika memang harus menonton lewat jaringan seluler, dapat diakali dengan menurunkan kualitas video. Biasanya kualitas video pada YouTube terdapat pilihan antara 270p hingga 1080p. Semakin rendah kualitasnya, ukuran data yang dibutuhkan per detik pun semakin kecil.

Alternatif lain, manfaatkan fitur YouTube yang bikin penggunanya bisa menonton video offline. Nah, dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa mengunduh video YouTube yang diinginkan saat ada koneksi WiFi, lalu menontonnya di waktu lain.

Tapi perlu dicatat bahwa tidak semua video dapat diunduh ke dalam versi offline.

6. Matikan Lalu Lintas Data Saat Sudah Tidak di pakai

Langkah pintar selanjutnya untuk menghemat paket data internet adalah dengan mematikan jaringan data saat sudah tidak di pakai. Misalnya pada malam hari saat kita sedang tidur. Karena kita tahu bahwa semua aplikasi yang terinstal akan memakan data internet meskipun jarang kita pakai atau tidak kita pakai sama sekali.

Untuk lebih baiknya instal lah aplikasi yang Anda perlukan saja agar Anda bisa meminimalisir pemakaian data internet oleh aplikasi yang tidak Anda pakai.

Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakan tips-tips diatas untuk mengelola penggunaan data mobile? Demikianlah info Cara Menghemat Kuota Internet pada Android dari admin teknologibagus.com, semoga bermanfaat. [tb]

Cara Menghemat Kuota Internet pada Android | Admin | 4.5