Tips dan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak (Blank Hitam)

Tips dan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak (Blank Hitam) – Pada kesempatan ini admin tekbologibagus.com akan berbagi tentang Tips dan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak (Blank Hitam). Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Tips dan Cara Memperbaiki Micro SD Card Rusak (tidak Terbaca).

Tips dan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak (Blank Hitam)

Tips dan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak (Blank Hitam)

Kita mulai dari proses pengecekan atau pemeriksaaan mengatasi laptop layar blank hitam

Cek Arus Apakah Ada Atau Tidak

Kegiatan yang mendasar yang seharusnya kita lakukan adalah pemeriksaan arus pada laptop tersebut, sebab mungkin saja laptop blank karena memang sedang tidak ada arusnya. Jika arus pada laptop tersebut memang baik baik saja dan lampu pada laptop juga menyala di dalam posisi on maka abaikan langkah ini dan lanjutkan ke step berikutnya.

Kosongkan Arus Yang Ada di dalam Laptop

Mengenai permasalahan Cara Memperbaiki Laptop yang memang mendapatkan kondisi dimana laptop tidak menampilkan apapun kecuali layar hitam maka kita mencoba dulu mengosongkan arus di dalam laptop untuk memastikan semua program berjalan dari Nol. Cara mengosongkan arus tersebut dengan cara mencabut baterai laptop dan menekan tombol power sambil di tahan selama 30 detik. Langkah selanjutnya, silahkan colokan kembali baterainya, Biasanya pada kasus laptop blank layar hitam ini bisa teratasi sampai step ini.

Apa Penyebab Layar Laptop Blank Hitam

Sudah seharusnya sebelum melakukan perbaikan pada laptop yang rusak, termasuk mengatasi laptop blank tersebut kita harus sudah memahami penyebab laptop tersebut menjadi blank. yang paling penting itu adalah menganalisa kerusakan pada perangkat keras dan perangkat lunak pada laptop tersebut.

Panel Display rusak

Kita harus memastikan apakah Panel Display pada laptop yang mengalami kerusakan, maka cobalah hubungkan laptop dengan monitor eksternal. ubah mode layar melalui keyboard laptop dari mode layar internal ke mode layar eksternal. jika layar eksternal berhasil menayangkan display maka bisa dipastikan kerusakan ada di panel display internal. layar eksternal bisa berupa monitor CRT jika output berupa monitor (VGA) port, atau HDTV jika output berupa HDMI. kerusakan di panel display ada beberapa yaitu diantaranya: kerusakan di inverter, kabel fleksibel, dan LCD. kalau ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL), atau kabel fleksibelnya.

Daftar seri laptop yang sering terkena black screen :

seri HP TX1000, seri Sony Vaio VGN, dan seri lainnya yang kebanyakan memakai nVidia seri 8400 dan 8600. nVidia seri GeForce 8400 dan GeForce 8600 keluaran sekitar tahun 2008 an terkenal paling sering rusak setelah digunakan antara 2 sampai 4 tahun, hal ini memang karena ada kesalahan produksi. tetapi nVidia sudah memperbaikinya untuk produk-produknya yang baru.

Apakah kerusakan pada VGA Laptop

Kerusakan chipset VGA umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated semisal dari nVidia atau Ati. kerusakan VGA dari Chipset integrated misal VGA Intel sangat jarang terjadi, kerusakan VGA yang terjadi berbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. yang sering terkena pada bagian VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPU nya.

Solusi Mengatasi Kerusakan Pada Laptop Layar Blank Hitam

Untuk kerusakan pada panel LCD: bawa laptop anda ke tempat service untuk diketahui bagian mana di panel LCD laptop anda yang mengalami kerusakan sehingga bisa diperbaiki atau diganti komponennya. Atau bisa baca “Cara Memperbaiki Panel LCD Rusak”

Untuk kerusakan pada VGA: solusi termurah: chipset di Reflow (di blower dengan hot gun) akan tetapi kerusakan akan timbul lagi dengan mudah hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja. Reball: mengganti bola-bola pin di bawah dudukan chipset, sehingga sambungan yang jelek bisa diperbaiki lagi. bola-bola pin yang terbuat dari lead free soldering (bebas timbal) lebih mudah rusak karena perubahan suhu bila dibandingkan dengan menggunakan bahan leaded soldering. itulah mengapa setelah beberapa waktu banyak VGA dari nVidia menjadi rusak dengan gejala Artifak dan black screen.jika chipset sudah mengalami kerusakan parah bisa diganti dengan chipset yang baru, itupun jika chipsetnya tersedia.

Solusi lain adalah dengan mengganti Motherboard, sayangnya solusi ini adalah solusi yang memakan biaya paling mahal yaitu antara 1 sampai 2 juta-an. jangan gegabah untuk mengganti motherboard jika persoalan laptop anda hanya “no display”/ blank display/ black screen, karena selain mahal juga masih ada alternatif solusi lain yaitu dengan reball chipset. tarif reball chipset berkisar antara 500 sampai 700an ribu Rupiah, di kota-kota besar di Indonesia sekarang sudah banyak tempat servis laptop/notebook yang melayani jasa reflow dan reball chipset. mereka umumnya mempunyai alat BGA Rework Station, jadi anda tak perlu khawatir jika ternyata laptop anda mengalami persoalan tersebut.

Ada Beberapa Kemungkinan Lain Penyebab  Laptop Blank Hitam dan Solusi Memperbaikinya :

  • Masalah mungkin disebabkan karena kegagalan memori. Modul memori gagal dan laptop tidak menyala karena itu. Dalam hal ini Anda dapat mencoba reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru.
  • Jika reseating / mengganti modul memori tidak membantu, coba lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll. Dengan kata lain, bongkar laptop dan hanya terpasang peralatan minimal dan uji lagi. Jika laptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Tips dan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak (Blank Hitam) dari admin teknologibagus.com, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat juga Tips dan Cara Menghapus dan Mengatasi Virus Shortcut.

Tips dan Cara Memperbaiki Laptop yang Rusak (Blank Hitam) | Admin | 4.5