Mengenal Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Proses Kerjanya

Mengenal Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Proses Kerjanya –  Kata informasi memiliki arti tersendiri dan dalam penerapannya membutuhkan alat atau hardware yang spesifik. Begitu juga dengan kata komunikasi. Sekarang kita mengenal begitu banyak alat komunikasi yang membuat jarak tidak lagi menjadi masalah selama alat komunikasi tersebut tersedia. Informasi dapat ditayangkan atau disampaikan ke suatu tujuan yang jauh menggunakan peralatan-peralatan di bawah ini.

  • Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
  • Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player. Alat ini memiliki keunggulan karena mampu menayangkan informasi berformat video. Proyektor LCD sering digunakan sebagai alat presentasi atau media pembelajaran di kelas.
  • OHP (Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi. Tidak seperti proyektor LCD, OHP hanya dapat menayangkan gambar diam. Alat ini muncul lebih dulu sebelum proyektor LCD ditemukan.
  • Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara. Gelombang ini melintas dan merambat melalui udara, bahkan merambat melalui ruang angkasa yang hampa udara.
  • Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Artinya, informasi dapat dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan visual.
  • Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi. Hubungan antar komputer ini menggunakan apa yang disebut protokol Internet (Internet Protocol). Internet menghubungkan komputer di seluruh dunia yang jumlahnya dapat mencapai ratusan juta buah.
  • GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi. Umumnya, GPS  ditempatkan di mobil atau kendaraan lainnya. Dengan GPS, pengendara mobil dapat mengetahui posisinya setiap saat.

    Alat GPS

    Alat GPS

  • Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli. Secara sederhana, cara kerja faximile mirip dengan mesin fotokopi atau scanner, hanya saja outputnya keluar di tempat yang jarak jauh. Tentu saja, pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki mesin faximile agar dapat mengirim informasi dengan cara ini.

    Mesin faximile

    Mesin faximile

  • Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi. Ada bermacam-macam fungsi satelit, misalnya untuk memancarkan sinyal dari stasiun televisi. Gelombang yang dipancarkan stasiun televisi dipancarkan ke ruang angkasa terlebih dahulu dan diterima oleh satelit, kemudian baru diteruskan ke wilayah yang sulit dijangkau oleh antena pemancar di permukaan bumi. Selain untuk siaran televisi, satelit juga digunakan untuk keperluan militer dan navigasi.

    Ilustrasi cara kerja satelit

    Ilustrasi cara kerja satelit

  • Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik. Alat yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell ini menggunakan kabel sebagai media penghantar.
  • Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar. Kelebihan telepon seluler dibanding telepon biasa adalah sifatnya yang mudah dibawa. Di Indonesia, ada dua jenis jaringan telepon seluler, yaitu jaringan GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan jaringan CDMA (Code Division Multiple Access). Dewasa ini, telepon seluler tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi suara saja. Banyak fitur lain yang dimiliki telepon seluler, di antaranya SMS (Short Message Services), MMS (Multimedia Messaging Services), WAP (Wireless Application Protocol), GPRS (General Packet Radio Services), video call, radio FM, dan televisi.
  • Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet. Di antara peralatan teknologi informasi dan komunikasi, komputer merupakan yang terpenting sehingga akan kita bahas secara khusus. Kata komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Kata itu kemudian menjadi bahasa Inggris to compute yang artinya sama. Menilik asal katanya, maka fungsi dasar komputer adalah sebagai alat hitung. Dewasa ini, fungsi komputer telah jauh berkembang melebihi fungsi asalnya. Komputer tidak hanya menjadi alat hitung, tetapi sudah menjadi bagian dari alat komunikasi modern. Ada beberapa cara untuk menggolongkan komputer.

Berdasarkan kegunaannya, komputer dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. general purpose computer, yaitu komputer yang digunakan secara umum untuk kegiatan sehari-hari, misalnya untuk mengetik dokumen, menghitung, membuat desain grafis, atau mengolah data statistik.
  2. special purpose computer, yaitu komputer yang didesain untuk pekerjaan khusus, contohnya komputer yang digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin di pabrik. Komputer semacam ini biasanya digunakan untuk menghandle sistem berskala besar.

Pengelompokkan komputer yang kedua adalah pengelompokan berdasarkan kapasitasnya. Menurut pengelompokkan ini, komputer dibedakan menjadi empat golongan, yaitu:

a. komputer mikro atau personal computer

b. komputer mini

c. komputer mainframe

d. superkomputer.

Di samping kedua pengelompokkan di atas, komputer dapat dikelompokkan berdasarkan jenis sinyal yang diolahnya. Menurut pengelompokkan ini, komputer dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

a. komputer digital (komputer yang bekerja dengan sinyal digital)

b. komputer analog (komputer yang bekerja dengan sinyal analog)

c. komputer hibrid (komputer yang bekerja dengan sinyal digital maupun sinyal analog).

Komputer yang kita kenal saat ini bekerja menggunakan arsitektur von Neumann yang diusulkan oleh John von Neumann pada awal 1940-an. Arsitektur ini membagi komputer menjadi 4 bagian utama, yaitu:

a. Arithmatics Logic Unit (ALU) atau Unit Aritmatika dan Logika

b. unit kontrol

c. memori

d. input-output. Sistem komputer memiliki siklus pengolahan data yang pasti.

Siklus pengolahan data itu sendiri mengacu kepada makna kata komputer, yakni menghitung. Sistem komputer memiliki tiga komponen pokok yaitu input, proses dan output. Proses sendiri bergantung pada perangkat lunak dan storage atau media penyimpanan. Di bawah ini adalah beberapa istilah yang berkaitan dengan ketiga bagian sistem komputer yang perlu Anda pahami.

  • Input, yaitu suatu aktivitas memasukkan data ke komputer. Data tersebut dapat berupa data informasi maupun data perintah/instruksi. Dalam pemrosesan input, komputer memerlukan suatu alat masukan yang disebut dengan peranti masukan (input device).
  • Proses, yaitu proses pengolahan data yang sudah diinputkan ke komputer. Komputer akan memproses data tersebut menggunakan alat yang disebut prosessor.
  • Bus, yaitu jalur penghubung antar alat pada komputer yang berfungsi sebagai media untuk melewatkan sinyal.
  • Program, yaitu kumpulan instruksi yang akan dijalankan oleh prosessor. Program komputer biasa disebut perangkat lunak atau software.
  • Storage, yaitu media penyimpanan data. Komputer memiliki media penyimpanan untuk menyimpan data yang telah selasai diproses.
  • Output, yaitu aktifitas menampilkan data hasil pemrosesan baik di layar monitor maupun dalam bentuk cetakan.[Tb]
Mengenal Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Proses Kerjanya | Admin | 4.5