Keunggulan Android

Keunggulan Android – Ada 2 Keunggulan Android yang akan dibahas di sini yang pertama adalah Keunggulan Android secara umum dan Keunggulan Android yang tidak kita sadari. Sebelumnya kita juga sudah membahas Penemu Android dan Perkembangan Android. Berikut ini penjelasan lengkap Keunggulan Android.

Keunggulan Android

Keunggulan Android Secara Umum

1. Layar yang lebih besar

Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Android dan iPhone adalah pihak yang mengembangkan perangkat. Hanya Apple sendiri yang mengembangkan iPhone, sedangkan Android tampak seperti proyek “keroyokan” semua vendor.

Hal tersebut tentu mendatangkan keuntungan bagi Android dari sisi desain perangkat. Dengan begitu banyaknya vendor yang mengembangkan perangkat berbasis Android, akan semakin banyak pula model-model ponsel Android yang dilahirkan.

Ponsel-ponsel ini pun akhirnya hadir dalam berbagai ukuran layar. Ponsel berbasis Android memiliki ukuran layar yang variatif, antara 3 inci hingga 7 inci. Sebagian besar perangkat Android sudah dirilis dengan bentang layar lebih dari 4 inci.

Sementara itu, iPhone hingga saat ini hanya memiliki dua ukuran layar, yaitu 3,5 inci (iPhone generasi pertama hingga 4S) dan 4 inci (iPhone 5).

Untuk urusan layar, Android memang bisa menyombongkan diri dengan mengatakan, “Perangkat-perangkat kami memiliki layar dengan ukuran lebih besar dari iPhone”.

2. Dukungan terhadap kartu SD

Hanya ada empat kapasitas yang tersedia untuk perangkat iPhone, yaitu 8, 16, 32, dan 64 GB. Keempat kapasitas tersebut adalah harga mati karena iPhone tidak menyediakan slot kartu SD. Artinya, pengguna tidak bisa menambahkan kartu memori untuk memperluas kapasitasnya.

Berbeda dari iPhone, mayoritas perangkat berbasis Android sudah dilengkapi dengan dukungan kartu memori ini. Misalnya, apabila kapasitas media internal sebuah perangkat sebesar 64 GB dan ia mendukung kartu memori 64 GB, produk tersebut secara total memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB.

3. Bisa ganti baterai

Desain unibody iPhone memang keren. Namun, desain ini membuat komponen baterai tidak bisa dibongkar pasang. Artinya, apabila ada kerusakan atau baterai mulai “bocor”, pengguna tidak bisa mengganti sendiri komponen tersebut.

Sebagian besar produk Android dilengkapi dengan kemampuan untuk menukar baterai. Ya, memang ada beberapa perangkat yang tidak bisa ditukar baterainya karena menggunakan desain unibody. Namun, desain tersebut hanya dimiliki oleh sebagian kecil perangkat.

4. Kustomisasi layar dengan widget, aplikasi, dan wallpaper animasi

iOS, sistem operasi yang digunakan di perangkat iPhone, telah memiliki pakemnya sendiri. Pengguna tidak bisa mengutak-atik layar home dengan menambahkan shortcutaplikasi di bagian tersebut. Pengguna juga tidak bisa memasukkan wallpaper bergerak alias animasi.

Sementara pengguna Android memiliki lebih banyak kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Pengguna bisa menambahkan widget, semacam shortcut yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur dari sebuah aplikasi tanpa harus membukanya, di layar home. Ia juga mendukung wallpaper dalam bentuk animasi dan layar home bisa ditambahkan dengan berbagai shortcut aplikasi.

5. Aplikasi peta digital yang lebih baik

Tidak bisa dipungkiri, aplikasi Google Maps jauh lebih baik dibandingkan Apple Maps. Google Maps dapat menampilkan data yang lebih akurat dibandingkan aplikasi peta buatan Apple ini.

Memang para pengguna iPhone bisa mengunduh aplikasi Google Maps melalui App Store. Namun, pengguna Android sudah langsung menikmati aplikasi tersebut, tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

6. Android menggunakan charger USB standar

iPhone 5 hadir dengan port charger yang berbeda dari generasi pendahulunya, dari 30 pin menjadi hanya 8 pin. Hal ini akan merepotkan orang yang memiliki berbagai perangkatmobile Apple. Bayangkan, bagaimana jika pengguna ini membawa iPhone generasi lama, iPad generasi 2, dan juga iPhone 5. Tentunya, ia harus membawa dua jenis chargersekaligus.

Hal tersebut berbeda dari pengguna Android. Rata-rata, jenis charger yang digunakan sama, yaitu micro USB. Pengguna hanya perlu membawa satu jenis charger untuk mengisi daya berbagai jenis ponsel.

7. Sinkronisasi data Google yang sangat mudah

Para pengguna Android cukup memasukkan akun Google mereka ke ponsel dan secara otomatis semua aplikasi Google akan melakukan sinkronisasi. Ponsel secara otomatis akan mengunduh inbox di Gmail, data bookmark secara langsung berpindah ke Chrome di ponsel, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya.

Sementara itu, pengguna iPhone harus memasukkan data akun satu per satu ke masing-masing aplikasi Google.

Keunggulan Android yang tidak kita Disadari

Sebagai pengguna Android, mungkin saja Anda hanya memaksimalkan Keunggulan standar dari sistem operasi besutan Google ini. Namun, pernahkan Anda berpikir, jika Android memiliki Keunggulan lain yang mungkin tidak Anda sadari? Keunggulan tersebut telah melebur dengan kehidupan sehari-hari, sehingga entah kita sadari atau tidak, telah menjadi suatu kebiasaan. Ingin bukti lebih lanjut? Berikut Paseban sajikan Keunggulan Android tersebut.

1. Menjalankan bisnis

Bagi Anda yang senang melakukan jual beli secara online, Anda mungkin akan segera tahu jika salah satu Keunggulan Android bisa Anda dapatkan ketika melakukan aktivitas tersebut. Segala bentuk transaksi Anda, dapat Anda lakukan hanya melalui perangkat Android. Android menyediakan aplikasi transfer yang bisa membuat semua urusan transaksi menjadi cepat. Selain itu, bagi Anda yang berbisnis, untuk menganalisa transaksi, Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti misalnya Evernote yang akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

2. Kegiatan sehari-hari

Remot televisi Anda rusak? Atau mungkin remot televisi Anda tidak sedang berada di dekat Anda? Download aplikasi remote Android, dan masalah Anda akan terselesaikan. Android akan memudahkan Anda dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Tidak hanya hal-hal seperti itu saja yang akan membuat para pengguna Android terbantu akan produktivitas perangkat yang satu ini. Hal-hal unik yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang-orang awam bisa Anda temui di Android. Misalnya, apakah pernah terpikirkan oleh Anda, ada aplikasi yang digunakan untuk mengetahui tingkat kematangan telur saat kita sedang merebusnya?

3. Lupakan siaran televisi

Android telah dilengkapi dengan kemampuan terhubung dengan Device lain secara mudah. Sebagai contoh, Anda akan dapat menghubungkan perangkat Android Anda dengan televisi via USB. Setelah semuanya terhubung, Anda dapat melakukan hal apapun pada perangkat Android Anda yang akan ditampilkan langsung pada layar televisi. Di sini, Anda dapat melakukan kegiatan Streaming melalui aplikasi atau situs video online. Sekarang, dengan Keunggulan android ini siapa yang masih membutuhkan siaran televisi?

4. Terkoneksi dengan mobil

Ini mungkin hanya beberapa orang yang akan merasakan manfaatnya. Namun, jika sudah dilakukan, bisa membuat kagum setiap orang. Android telah dapat terhubung dengan Software di dalam mobil. Anda dapat melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, dan yang paling menakjubkan adalah, menghidupkan mesin mobil menggunakan perangkat Android Anda!

5. Developer

Sadar atau tidak, Android telah memberikan banyak lapangan pekerjaan, salah satunya adalah bagi para developer. Ini adalah salah satu Keunggulan Android yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang, namun memiliki andil yang besar bagi perkembangan sistem operasi Android. Apa jadinya Android tanpa mereka?

Baca juga Aplikasi terbaik Android

Keunggulan Android | Admin | 4.5
Leave a Reply