Cara Mengetahui Chipset Hardware Android

Cara Mengetahui Chipset Hardware Android – Bagi agan-agan yang ingin mengetahui Chipset dan Spesifikasi Android kesayangan agan-agan bisa menggunakan sebuah aplikasi Android yaitu CPU-Z. Jadi agan-agan dengan mudah bisa mengetahui spesifikasi dan chipset Android dengan mudah. Mari kita berkenalan dengan Aplikasi Android CPU-Z.

Pengertian Chipset

Chipset merupakan IC ukuran kecil yang pada komputer merupakan layaknya “polisi lalu lintas” pada papan induk (motherboard), mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer (PC).

Sebuah chipset mengarahkan data dari CPU ke Chipset. Sedangkan Chipset dibagi menjadi dua bagian komponen utama yaitu, Northbridge dan Southbridge. Northbridge mengatur Chace memori, Memori Utama, Host Bus dan Slot PCI ekspansi. Sedangkan Soutbridge mengatur ISA Bus, dan menjembatani antara ISA Bus dan PCI Bus, mengatur dan mengontrol I/O port dan slot IDE. Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard. Selain itu pula, chipset mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

Secara sederhana chipset dirancang untuk bekerja sama melakukan fungsi tertentu. Kerjasama yang dimaksud adalah kerjasama antar microchip didalam chipset tersebut maupun kerjasama dengan komponen lain atau bahkan chipset lain pada motherboard tersebut.

Dikatakan chipset lain karena dalam satu motherboard setidaknya ada dua jenis chipset yaitu Chipset Northbridge dan Chipset Southbridge.

Fungsi umum dari chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terkoneksi ke motherboard perangkat tersebut.

Aplikasi yang sudah tidak asing lagi namanya, di komputer CPU-Z sering digunakan untuk melihat chipset dan spesifikasi hardware komputer seperti processor, motherboard, memori RAM serta kartu VGA.

Di Android tidaklah berbeda, fungsinya sama yaitu mendeteksi chipset dan spesifikasi hardware Android yang digunakan pada perangkat tersebut.

Cara Mengetahui Chipset Hardware Android

Aplikasi CPU-Z untuk Mengetahui Chipset dan Spesifikasi Hardware Android

Screenshot CPU-Z diatas diambil dari Motorola Moto G XT1033. Terlihat Moto G menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon.

Download CPU-Z di Google Play Store

Demikianlah penjelasan singkat tentang Cara Mengetahui Chipset Hardware Android, semoga bermanfaat. [tb]

Cara Mengetahui Chipset Hardware Android | Admin | 4.5